Dalam artikel ini saya akan menyambung tulisan saya sebelummya tentang;
Apa sih yang benar-benar membuat sebuah mix itu Bagus
Dan saya menyinggung tentang 5 kunci utama dalam mixing,
pada tulisan ini saya akan membahasnya bagaimana 5 kunci ini akan memberikan pengaruh besar dalam anda memixing lagu..
Sekarang Anda mungkin berpikir bahwa Anda perlu peralatan mewah atau mahal untuk mendapatkan suara yang bagus,
Yaa,saya pun berpikir hal yang sama selama bertahun-tahun.
Bahkan, saya sering menyalahkan peralatan saya (or lack thereof) karena tidak mampu mendapatkan hasil berkualitas seperti rekaman komersial lainnya.
Hmmm, sedikit lebih baik sekarang...
dan saya dapat memberitahu Anda bahwa peralatan sudah tidak lagi jadi batasan seperti dulu. Hanya pengetahuan dan keterampilanlah yang benar-benar membuat perbedaan besar.
Saat anda mengetahuinya,
tidak ada lagi pekerjaan atau usaha yang dibutuhkan untuk mendapatkan mixing yang bagus, ketimbang yang biasa-biasa saja,
namun dampaknya dapat menjadi perbedaan antara lagu yang dinikmati oleh banyak orang selama bertahun-tahun yang akan datang, atau menjadi benar-benar tidak relevan.
Faktanya adalah, teknologi telah berkembang pesat.
hari ini secara harfiah SIAPAPUN dapat memixing lagu.
Anda memainkan beberapa faders, menempatkan beberapa plugin, memilih beberapa preset, pergi ke 'file' dan tekan 'ekspor', dan mixing selesai! (waaaaahh.. gampaaang bangeeet)
Masalahnya...
Ini mungkin tidak akan terdengar sangat bagus!
Bahkan MUNGKIN jauh dari kata bagus.
Anda dan saya tidak hanya ingin lagu-lagu Anda terdengar biasa saja bukan, apa yang kita inginkan adalah GREAT MIX.
Saya tahu ini adalah sesuatu yang Anda inginkan karena Anda tidak akan membuang-buang waktu Anda membaca ini sekarang,
jika Anda bersedia menerima lagu terdengar biasa-biasa saja,
dan saya mengagumi Anda untuk mencari jawaban karena kebanyakan orang tidak.
Saya tahu Anda ingin lagu-lagu Anda menonjol dan terdengar hebat.
Saya tahu Anda ingin mixing yang tepat,
dan Saya akan menunjukkan kepada Anda langkah pertama untuk mendapatkannya...
Sebelum kita melakukan apa-apa kita pertama harus memahami apa yang kita coba capai.
Kebanyakan orang gagal karena mereka tidak tahu atau memahami maksud dan tujuan dari mixing.
Seperti pepatah lama; "Anda tidak bisa memenangkan permainan yang Anda tidak mengerti", dan langkah pertama untuk mendapatkan mixing yang baik adalah memahami apa yang MEMBUAT mixing itu tepat, dari tujuan utama (hasil) yang harus kita capai.
Ini adalah 5 Kunci Tujuan dalam Mixing:
Didalam kunci ini saya membaginya menjadi 2 kelompok,
yaitu musical objective dan technical objective.
Kita mulai dari kelompok musical objective,
Key Objective #1
Final Arrangement & Composition
Mixing adalah kesempatan TERAKHIR kita harus membuat keputusan di setiap pengaturan atau komposisi akhir .
Idealnya Anda bisa melakukan hal ini sebelum Anda memulai mixing,
tapi kadang-kadang itu hanya dilakukan dalam fase mixing dimana Anda bisa melihat hal-hal yang bisa diperbaiki atau ditingkatkan.
Komposisi harus lengkap pada tahap ini, tetapi dalam beberapa gaya musik,
seperti musik-musik elektronik, sering komposisinya adalah evolving process yang overlaps dengan mix.
Pada titik tertentu Anda tetap harus memutuskan mana yang harus anda ambil,
dan saya menyarankan membuat pilihan akhir komposisi apapun SEBELUM melakukan final mix.
Sebagian besar dari apa yang kita lakukan dalam fasa pencampuran hanya mengoptimalkan pengaturan yang ada
dan MEMPERBAIKI masalah aransment apapun.
Akhirnya, tujuan kita adalah untuk membuat lagu terdengar sebaik mungkin,
dan tidak ada gunanya membuat SUARA bagus jika ada bagian yang bentrok, atau terdengar terlalu ramai.
ini adalah beberapa masalah yang paling umum dan bagaimana trik yang dapat Anda lakukan :
>>> Lagu terdengar terlalu ramai - Hilangkan bagian / instrumen.
>>> Instrumen bentrok - hilangkan unsur yang paling tidak penting, transpos naik atau turun.
>>> Tidak cukup kontras - coba untuk menghapus bagian dari verse untuk memberikan impact pada chorus.
.
>>> Tidak ada klimaks - Mengambil bagian dari bagian sebelumnya, layering on big sections.
>>> Terlalu lama - Coba memotong bagian / beberapa bagian.
>>> Lagu tidak mengalir - Coba memotong bagian-bagian yang tidak perlu.
>>> Terdengar kosong / kurang detail - Coba tambahkan layer pad di background, copy fills.
Key Objective #2
Emotional Experience
Setiap lagu ditulis untuk satu tujuan utama:
untuk membuat pendengarnya MERASAKAN sesuatu.dari cinta, marah, nostalgia,dll.
Lagu bisa saja memiliki pengaturan Hebat, sound bagus, memiliki sound yang konsisten, dll
tetapi jika itu tidak bisa menyampaikan EMOSI, sia-sia.
mixing harus bisa meningkatkan dan mendukung visi emosional lagu.
Sederhananya, SOUND needs to match the SONG.
Sebagai contoh, katakanlah kita mixing sebuah intimate love song yang di isi hanya piano dan vokalis perempuan.
Bayangkan jika kita EQ vokalnya sangat agresif dan tajam. Kemudian kita menambahkan kompresor dan terdengar sangat agresif.
lalu kita menambahkan giant reverb ke trek piano.
Apakah Anda pikir suara ini akan COMPLIMENT atau CONTRADICT dengan lagu..?
Tentu saja, suara agresif TIDAK akan memberikan compliment pada intimate love song.!
Yang di butuhkan lagu ini adalah warm, natural, intimate sound.
Dengan menyelaraskan suara dan lagu kita bisa MEMPERKUAT emosi.
Sesederhana ini, tapi saya selama bertahun tahun tidak jelas. :)
Salah satu hal yang saya ingat, saya selalu berusaha untuk membuat drum saya terdengar big dan punchy sebisa mungkin, tidak peduli apa gaya musiknya. hahaha..
ya, mungkin bagus untuk sesuatu seperti big rock trek...
tapi tidak buat sebuah lagu pop yang melow. :(
Saya tidak bisa mengerti mengapa beberapa mixing saya tidak terdengar baik, bahkan terdengar sedikit - "off".
Sedikit yang saya tahu pada saat itu bahwa dengan memberikan sound yang bertentangan dengan pesan emosional dari lagu,
membuat mixing saya mustahil untuk terdengar baik.
Anda bisa membuat sound drum terdengar bagus sedunia, tetapi jika mereka tidak cocok dalam lagu dan gaya, itu tidak akan terdengar tepat dalam konteks mixing.
Guru saya mengatakan :
"jika kita ingin lagu-lagu kita memiliki dampak emosional yang bagus, mereka perlu 'congruent'.
Definisi kongruen adalah:
"di agreement atau harmony”. Semua instrumen dan proses harus selaras dan mengirim pesan yang sama, dengan lagu dan style.
Semua lagu-lagu hebat diselaraskan dengan cara ini. SEMUA lagu-lagu hebat Congruent. Ada beberapa cara yang kita dapat lakukan untuk 'memperkuat emosi' di sebuah lagu, tapi ini adalah yang PALING penting.
Kita masuk dalam kelompok ke 2 yaitu technical objective;
Key Objective #3
Sounds Good Technically
Tujuan utama kunci ke 3 ini adalah untuk membuat mixing terdengar baik "secara teknis".
Sekarang Anda mungkin bertanya-tanya, apa yang saya maksud dengan "secara teknis"?
Dan mengapa hanya hanya membuat mix sound ‘good’, why not GREAT?
Saya ingin menarik perbedaan di sini, sesuatu bisa terdengar baik secara TECHNICALLY but not necessarily MUSICALLY.
Sebagai contoh, katakanlah kita mempunyai gitar listrik yang paling hebat, paling tercanggih di dunia.ya memang sih gak ada tapi kita anggep ada laah... :)
Lalu kemudian kita sambung ke amp paling hebat,paling keren dan sudah di set oleh sound engeneer paling ahli di dunia.
Kemungkinannya adalah, itu akan terdengar luar biasa kan.. :)
Kemudian kita meminta seorang bocah yang memiliki 3 kali pelajaran bermain gitar selama hidupnya, untuk memainkan gitar tersebut,,
apa yang akan terjadi,,,??
Anda mungkin akan menutup telinga saat dia mulai main.:)
Suara gitar itu menakjubkan secara TECHNICALLY tapi tidak MUSICALLY.
Tentu saja sebaliknya juga, tidak peduli seberapa hebat gitaris,
mereka tidak akan bisa bermain baik dengan entry level acoustic yang senarnya sudah karatan selama 5 tahun!
Intinya adalah, ada perbedaan antara sesuatu yang terdengar baik secara TECHNICALLY, dan MUSICALLY.
Pada fase mixing, musik telah terekam dan tidak banyak yang kita dapat ubah.
Tapi yang BISA kita lakukan, membuatnya TERDENGAR BAIK SECARA TEKNIS. Setiap mixing harus terdengar baik secara teknis.
Kemudian, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa saya mengatakan sound ‘good’ bukan 'sound GREAT'?
bukankah point dari ini semua untuk mendapatkan GREAT mix?
Ya, tapi saya pikir apa yang membuat mixing bagus adalah menyelesaikan SEMUA 5 kunci tersebut.
Hanya mendapatkan suara yang baik tidak cukup untuk membuat mixing yang bagus, tetapi merupakan bagian penting dari itu..
Jadi, bagaimana kita membuat mixing terdengar baik secara teknis?
Ada 5 aspek yang membuat mixing bagus secara "teknis",
Mereka adalah 5 Drivers of Mixing :
- Balance – The relative levels of the various instruments
- Fix – Making sure there’s nothing that sounds bad
- Enhance – Bringing the best out of the individual instruments and overall mix
- Shape – Making the instruments fit together
- Space – Creating depth and dimension in the mix
Dan Sebagian besar waktu kita habiskan untuk melakukan 5 hal ini dalam mixing.
Key Objective #4
Sonic Consistency
Setiap mixing yang baik memiliki apa yang saya sebut "Sonic Consistency".
Yang berarti, bahwa SUARA (sonic) KONSISTEN dengan standar komersial.
Ini berarti trek akan terdengar KONSISTEN pada berbagai sistem pemutaran yang berbeda.
Mixing yang baik akan terdengar bagus di mana pun kita memutarnya.
Apakah Anda pernah memiliki pengalaman di mana Anda mixing lagu,
dan terdengar cukup baik di studio Anda ...?
tetapi ketika anda mendengarkan pada beberapa sistem lain, mungkin mobil Anda atau HIFI, laptop,
Anda mulai bertanya-tanya,
Ini bener ni lagu yang tadi di mixing..??
kok beda yaaa.??
Jadi apa yang terjadi?
Alasan utama untuk ini adalah bahwa mixing tadi tidak memiliki spektrum frekuensi yang seimbang.
Ketika produsen sound system merancang speaker mereka,
mereka menggunakan commercial records sebagai referensi untuk sound system mereka.
Jadi jika kita ingin mix kita terdengar besar pada sebagian besar sistem pemutar lagu, kita harus memastikan bahwa spektrum frekuensi keseluruhan mix KONSISTEN dengan standar komersial.
Dengan kata lain, harus memiliki keseimbangan frekuensi yang sama seperti komersial track lainnya dan dari gaya yang sama.
Bagaimana kita memeriksa apakah mixing kita memiliki 'spektrum frekuensi seimbang '?
Dua cara utama yang dapat kita lakukan adalah dengan membandingkan mix kita dengan trek komersial lainnya,
dan dengan menggunakan spektrum analyzer untuk mencari major dips atau peaks pada keseluruhan spektrum frekuensi.
pada tulisan saya sebelumnya Piramida Produksi fase ini disebutkan juga dalam poin mastering,
Anda mungkin bertanya-tanya, "Bukankah ini keseluruhan
poin MASTERING - memastikan trek terdengar bagus pada berbagai pemutaran sistem? '
Ya, ini adalah salah satu tujuan utama mastering.
Tapi kita ingin mendapatkan mixing sedekat mungkin ke standar komersial,
sehingga kita tidak harus membuat kompromi dalam fase mastering.
Pada tahap mixing, kita memiliki akses ke semua instrumen secara individu dan dapat men-tweak mereka tanpa mempengaruhi instrumen lainnya.
Pada tahap mastering kita hanya dapat membuat penyesuaian secara KESELURUHAN.
Bahkan mastering engineer terbaik di dunia pun tidak dapat melakukan begitu banyak dengan mixing yang buruk.
Jika kita mendapatkan mixing yang tepat, mastering hanya akan menambahkan sentuhan akhir yang meningkatkan suara secara keseluruhan.
Key Objective #5
Format Ready for Mastering
Ini kunci yang terakhir,
Meskipun ini tidak benar-benar mempengaruhi cara lagu terdengar,
ini adalah langkah terakhir penting yang harus diseelesaikan setiap mixing,
dan kita dapat membuang banyak kerja keras jika kita tidak memperhatikan beberapa rincian akhir.
Banyak yang masih bertanya ke saya apakah mereka harus bouncing mix mereka ke MP3 - (jangaaaaaaaaaan....!!)
Tujuannya adalah untuk menghasilkan file kualitas tinggi, UNCOMPRESSED stereo audio file yang siap di mastering.
Berikut adalah beberapa poin yang perlu diingat:
✓ Periksa tops & tails (awal dan akhir) untuk memastikan mereka bersih.
✓ Pastikan untuk meninggalkan cukup headroom untuk tahap mastering
usahakan master PEAKING sekitar 6dB dan TIDAK LEBIH TINGGI dari 3dB.
✓ Ekspor pada kualitas yang sama seperti sesi mixing, atau lebih tinggi.
✓ Jika Anda tidak yakin pengaturan apa yang akan digunakan, pilih 48kHz 24 bit.
✓ Simpan mixing dalam format UNCOMPRESSED seperti wav atau .aiff.
✓ Tidak boleh ada proses mastering pada master mix bus - NO limiter!
Tujuan dari tulisan singkat ini adalah untuk menjawab satu pertanyaan,
pertanyaan yang butuh waktu lama untuk saya mencari tahu;
Setiap mixing yang baik menyelesaikan 5 Kunci ini:
Mixing yang baik memberikan yang terbaik dalam Arrangement Akhir dan Komposisi.
Mixing yang baik menguatkan Pengalaman Emosional kita saat mendengarkan lagu tersebut.
Mixing yang baik terdengar bagus secara teknis.
Mixing yang baik memiliki Sonic Konsistensi dan terdengar hebat di mana pun kita mendengarkannya.
Mixing yang baik diselesaikan dalam Format Siap untuk Mastering.
Meskipun ini tidak berarti penjelasan yang komprehensif dari 5 Kunci ini,
saya berharap bahwa ini semua memberikan Anda lebih banyak kejelasan,
apa yang kita butuhkan dalam menyelesaikan mixing.
Atau Mungkin ini justru menambah pertanyaan besar untuk Anda - maaf tentang itu :)
Tapi serius, ini adalah hal yang baik.
Semua perbaikan dimulai dengan mengajukan pertanyaan yang baik.
Intinya adalah, jika kita ingin mengeluarkan yang terbaik dalam lagu-lagu kita,
kita perlu untuk mendapatkan mixing yang tepat, dan untuk mendapatkan mixing yang tepat,
Dan ini adalah 5 Kunci objective yang kita harus capai.
I wish you all the best with your music,
Terima Kasih :)
No comments:
Post a Comment